Happy Independence Day, Indonesia!

17.8.13

I was about to make an red/white themed outfit post but unfortunately I didn't bring enough clothes so I need to wait for my mom to send me a package of my red/white stuff. Meanwhile, you can read this post by Kamga (yes, that Tangga singer) about our national flag. It's in Bahasa (Indonesian languange) tho, I'm sorry for my international readers :B Basically it is about how we rebrand our national flag, The Red and White, since it's currently forgotten. Some of us don't really value our own identity. Yes, I admit that. But it's never too late to make a change so, READ ON and MAKE THAT CHANGE start from yourself :)   

Dialog: #1bendera
Tema nasionalisme menjadi sesuatu yang seksi beberapa tahun belakangan. Membicarakan negara berikut sekelumit masalah politik menjadi daya tarik bagi sebagian besar orang. Musik pun mulai diramaikan dengan tema ini. Cukup banyak musisi musisi lokal yang membawa semangat kemerdekaan di dalam lagu lagu yang mereka ciptakan. Musik digunakan untuk menciptakan pergerakan.

Gw tidak nasionalis. Satu, karna gw sadar gw keturunan Kamerun, jadi ngapain lo yg pribumi mau dengerin gw teriak nasionalisme. Dua, gw belum memiliki kepekaan terhadap tanah air sebegitu besarnya sampai merasa memiliki kewajiban untuk berkoar koar, menghimbau orang orang untuk mencintai negaranya. Gw hanya memiliki opini, tentang bendera. Tentang merah putih. Dan opini gw adalah: Merah Putih perlu di re-branding

Melihat bendera Jamaika, orang orang gila musik seketika teringat Bob Marley, dan sisanya yang gila ngelantur langsung refleks ingat ganja. Bendera UK melambangkan keperkasaan urban scene Inggris. Bendera Indonesia? Gw sulit membayangkan apapun. Banyak orang gw tanya Merah Putih mengingatkan mrk sama apa dan jawaban yg gw terima standar bgt. Negara lah, bangsa kita lah, Indonesia lah. Jarang yg bisa ngasih jawaban konkrit, kenapa? Karna menurut gw, banyak orang gak kebayang apapun kalo ngebayangin bendera sendiri.

Bendera Indonesia hanya berkibar di stadion sepakbola dan hall bulutangkis saat timnas berlega, seolah2 Merah Putih tidak layak untuk diingat bila atlit tidak sedang bertanding. Bendera Indonesia diletakkan di posisi yang sangat sakral sehingga sulit untuk digapai, dan akhirnya terlupakan.

Merah Putih bagai Viagra. Dielu elukan saat panas, dilupakan setelah lemas.
Ya gimana gak lemas, kalah mulu Timnas
Off topic bentar. Sori.
Merah Putih perlu re-branding
Lalu re-branding apakah yang sesuai dengan merah putih? Gw gak tau, dan memang seharusnya gw gak tau, karna semua org pasti memiliki bayangan yang berbeda beda soal branding yang tepat untuk bendera
Gw mau ngajak lo yang baca ini untuk mulai re-branding bendera. Caranya gampang. Kita gunain jejaring sosial untuk membiasakan mata me-relate warna merah putih dengan bendera. Banyak bgt warna merah putih yang kita lihat tiap hari, tapi jarang yang mengingatkan kita dengan bendera. Share foto merah putih yg lo liat. Mau dari baju anak SD, jersey Arsenal, sampe layout seesmic (twitter client)
Kedua, coba untuk tanya ke diri kita masing2, apa yang kita ingin orang2 luar ingat kalau lihat bendera kita. Bali sudah usang, saatnya diistirahatkan. Kasian. Masa negara segini banyak pulau sama karya tapi senjata nya cuma satu. Setiap hari ganti branding juga gak papa. Share branding yg lo inginkan untuk Merah Putih. The more the merrier. Gw udah punya branding awal gw untuk Merah Putih, dan akan gw post setelah tulisan ini
Hashtag yang akan gw gunakan untuk campaign ini : #1bendera
Sudah terlalu lama kita diajarkan untuk cinta negara karna alasan. Cintai Indonesia karna negara kt paling indah lah, pantai nya paling bagus lah, orang nya ramah tamah lah. Cinta itu gak pake alasan. Itulah alasan kenapa lo masih stick sama pacarlo walaupun lo tau dia bukan yang paling ganteng atau paling cantik. Love is unexplainable, lets keep it that way
Indonesia lebih dari sekedar gugusan pulau. Indonesia adalah lo dan gw. Branding apa yang paling tepat untuk menggambarkan Indonesia? Ya terserah lo dan gw.
Source : Kamga Mohammed

You Might Also Like

1 comments

Like us on Facebook

Flickr Images

Instagram

Subscribe